BI Panen Bawang Merah Organik Perdana di Brebes

Brebesnesia.net - Bank Indonesia (BI) Tegal melakukan panen bawang merah organik pertama kali di Brebes-Jawa Tengah. Hal tersebut dapat menjawab isu bahwa kesuburan tanah di Brebes telah mengalami degradasi akibat pemakaian bahan kimia yang berlebihan.
Sumber  Bank Indonesia
Pihak Bank Indonesia (BI) telah melakukan inisiasi dengan petani di Brebes supaya petani tergugah hatinya untuk berbudidaya bawang merah secara organik. Melalui budidaya organik ini diharapkan dapat mengambalikan kesuburan tanah yang berada di Brebes Jawa Tengah. Harapannya melalui program ini Brebes dapat menghasilkan Bawang merah organik yang sehat untuk dikonsumsi.
Demplot dilakukan di Desa Jati Makmur Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Panen perdana dilakukan pada Sabtu, 23 September 2017. BI telah melakukan Demplot di beberapa daerah di Brebes seperti di Kecamatan Songgom seluas 3.000 meter persegi dan Kecamatan Wanasari seluas 2.100 meter persegi. Namun Kecamatan Wanasari belum melakukan penanaman karena musim tanamnya adalah bulan Oktober 2017.
Menurut ketua Gapokta Harapan Makmur Desa Jati Makmur Jamali mengatakan bahwa sebelum melakukan budidaya bawang secara organik harus diperhatikan media tanamnya. Harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu dengan cara pemberian pupuk kompos atau pupuk kandang.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
hasrul A
AUTHOR
25 September 2017 at 00:12 delete

mantap gan. saya panen ini

Reply
avatar