Tari Topeng Sinok Khas Brebes

BREBESNESIA.COM- Brebesnesia kali ini akan berbagi informasi mengenai Tari topeng sinok khas Brebes. Brebes juga punyal lho tari khasnya yang beda dari daerah lainnya dan tentunya sangat membanggakan karena sudah beberapa kali tampil di luar Brebes.
Baik langsung saja yaa kita sharing informasi tentang Tari topeng sinok BREBES.

SEJARAH
Tari Topeng Sinok Merupakan salah satu seni tarian khas yang berasal dari Brebes, tari topeng sinok diciptakan oleh Suparyanto dari Dewan Kesenian Kabupaten Brebes . Tari ini menggambarkan perempuan yang cantik, treingginas dan luwes. Tari sinok sebenarnya menceritakan tentang perempuan-perempuan  Brebes, yang merupakan sosok wanita pekerja keras. Mengambarkan tentang kecantikan, keluwesan dan keanggunannya dan tanpa mengurangi kecintaannya kepada alam dan pekerjaannya sebagai petani. Tari topeng sinok sebenarnya merupakan perpaduan antara bentuk seni Cirebon, Surakarta dan Banyumas, membawa pesan bahwa perempuan yang tinggal di daerah perbatan Jawa Tengah dan Jawa Barat bukanlah pribadi yang cengeng, malas dan manja. Topeng sinok ini akan menjadi sebuah tarian khas Brebes dan akan diajarkan kepada murid-murid di sekolah sebagai pelajaran muatan lokal di Kabupaten Brebes.

Tari Topeng Sinok (Sumber Google)

Penampilan Tari Sinok Pertama
Tari topeng sinok diperkenalkan ke umum tepatnya pada acara Kirab Budaya Hari Jadi Brebes ke 333 di Stadion Karangbirahi. Penampilan perdana tersebut melibatkan 100 orang penari yang bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Brebes. Acara  berlangsung meriah , kibasan sampur ditingkahi langkah anggun para penari, membuat para penonton merasa tertegun dan bangga karena Brebes mempunyai kebudayaan yang baru.

Promosi Tari Topeng Sinok
Dinas kabupaten Brebes bekerja sama dengan beberapa pihak sekolah untuk mempromosikan dan mengenalkan budaya baru dari Brebes ini. SMA Negeri 1 Brebes dipilih menjadi penggerak kesenian tari topeng sinok tersebut. Tidak hanya itu saja , Dewan Kesenian Brebes juga menampilak Tari topeng sinok di luar daerah Brebes seperti Semarang, Jakarta dan Bali. Selain Tari topeng sinok , Dewan Kesenian Brebes mempunyai kesenian binaanya  seperti, Calung Bantarkawung, Umbul Randusanga Brebes, Sintren Larang, Burok Tanjung dan lainnya.

 
Tari Topeng Sinok (Sumber Google)

Prestasi Kesenian Brebes
Selama empat tahun berturut-turut Brebes selalu menjadi penampil terbaik di event tahunan Hari Jadi Kabupaten Jembrana, Bali. Pada event di Bali, Dewan Kesenian Brebes selalu menampilkan tarian kreasi karyanya, salah satunya adalah tarian Bawang Merah yang mendapat apresiasi dari pegiat seni di Pulau Dewata. Pada Tahun 2011 kesenian Tari topeng sinok pun ditampilkan di acara hari jadi kabupaten jembrana, Bali. Tari topeng sinok juga sudah ditampilkan di Taman Mini Indonesia Indah dalam Ajang pergelaran budaya Jateng.


Baik, untuk kali ini sekian informasi yang bisa kami berikan untuk para pembaca sekalian, semoga bisa bermanfaa dan menambah wawasan kita semua tentang BREBES :)

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Fajar Maulana
AUTHOR
7 November 2015 at 05:44 delete

dulu waktu kecil gua takut banget ama topeng ginian gan. haduh serem dah

Reply
avatar
7 November 2015 at 08:11 delete

hahah ga usah takut gan,, ini topengnya ga gigit ko :D

Reply
avatar
rey
AUTHOR
27 March 2016 at 07:49 delete

saya mau meneliti mengenai tari ini tapi saya belum punya cpnya senimannya. bisa bantu ? makasih

Reply
avatar
20 August 2017 at 02:35 delete

bisa hubungi 087830003499

Reply
avatar