Ciri Khas Brebes

BREBESNESIA.COM-

Haii para pembaca sekalian...
Brebes merupakan daerah dengan berjuta keunikannnya, kali ini Brebesnesia akan membahas Brebes dari kelima ciri khasnya, yaitu :
1.Terkenal Dengan Bawang
Kabupaten brebes merupakan salah satu kota penghasil bawang yang paling bagus diantara daerah lain yang ada di Indonesia. Hampir seluruh indonesia kalo membicarakan Bawang Merah pasti yang tertuju adalah brebes. Di brebes banyak menghasilkan bawang karena kondisi alam dan tanahnya sangat cocok dan bagus untuk menanam bawang sehingga kebanyakan petani Brebes bercocok tanam Bawang Sehingga bawang dari Brebes berproduksi banyak.Namun akhir-akhir ini saya sedih gan soalnya bawang merah brebes sudah tersaingi oleh bawang-bawang eksport yang lebih murah tetapi untuk kualitas bila dibandingkan dengan bawang merah brebes masih jauh gan.

2.Terkenal dengan telor asin
Yang kedua yaitu Brebes terkenal dengan makanan khasnya telor asin yang rasanya bagi ane sih sangat enak gan ga terlalu asin dan ga terlalu hambar dan bagian kuning2 yang tengah ada minyaknya dah tuh paling enak menurut ane,gan . Hampir di seluruh indonesia belum ada yang bisa menyaingi rasa dan kelezatan telor asin dari Brebes ,gan. Diluar emang banyak yang memproduksi telor asin tapi kadang rasanya ga tepat gan .

Monumen Telor asin Brebes
Telor asin asli brebes
3.Teh Poci
Yang ketiga adalah teh poci gan....
Sebenarnya sih ini khas dari kota tetangga gan yaitu Tegal tapi di daerah brebes sendiri banyak sekali yang membuka warung lesehan dan menyajikan teh poci dan ditemani gorengan mendoan ,, wiih udah itu mantep banget gan buat temen nongkrong bareng anak-anak istilah brebesnya CIPOK (Moci Karo Ndopok) . Bagi agan-agan yang kebetulan lewat Brebes sempetin mampir ke alun-alun brebes dan cobain sensasi moci di malam hari ditemani gorengan gan soalnya ane juga kalo keluar kota jarang ada warung kaya gituh gan
Cipok (Moci Karo Ndopok)
Teman moci 


4.Kupat Sate Blengong
Ni salah satu kuliner khas dari Brebes gan yang saya rasa diluar Brebes kayanya ga ada.. Kupat dengan rasa khas dan ditambah pake sate blengong gan (sejenis bebek). Wuiih rasanya kalo dah nyobain bisa bikin ketagihan gan.  bagi agan yang mau nyicipin enaknya silahkan mampir ajah gan ke brebes di Alun-Alun Brebes banyak tuh gan deket jalan pantura. Ada yang terkenal dan sudah sering masuk TV yaitu warung kupat blengong rajak gan tempatnya di dekat Islamic Center Brebes, buat agan-agan kalo lewat brebes wajib dah nyobain makanan ini 

Penjual Kupat Sate Blengong
Kupat Sate Blengong
5.Kesenian Sintren
Sintren adalan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon. Kesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah, antara lain di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jatibarang, Brebes, Pemalang, Banyumas,Kabupaten Kuningan, dan Pekalongan. Kesenian Sintren dikenal juga dengan nama lais. Kesenian Sintren dikenal sebagai tarian dengan aroma mistis/magis yang bersumber dari cerita cinta kasih Sulasih dengan Sulandono.

Kesenian Sintren berasal dari kisah Sulandono sebagai putra Ki Bahurekso Bupati Kendal yang pertama hasil perkimpoiannya dengan Dewi Rantamsari yang dijuluki Dewi Lanjar. Raden Sulandono memadu kasih dengan Sulasih seorang putri dari Desa Kalisalak, namun hubungan asmara tersebut tidak mendapat restu dari Ki Bahurekso, akhirnya R. Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Meskipun demikian pertemuan di antara keduanya masih terus berlangsung melalui alam gaib.
Pertemuan tersebut diatur oleh Dewi Rantamsari yang memasukkan roh bidadari ke tubuh Sulasih, pada saat itu pula R. Sulandono yang sedang bertapa dipanggil oleh roh ibunya untuk menemui Sulasih dan terjadilah pertemuan di antara Sulasih dan R. Sulandono. Sejak saat itulah setiap diadakan pertunjukan sintren sang penari pasti dimasuki roh bidadari oleh pawangnya, dengan catatan bahwa hal tersebut dilakukan apabila sang penari masih dalam keadaan suci (perawan). sintren jg mempunyai keunikan tersendiri yaitu terlihat dari panggung alat-alat musiknya yang terbuat dari tembikar atau gembyung dan kipas dari bambu yang ketika ditabuh dengan cara tertentu menimbulkan suara yg khas.

Tari Sintren
Sumber : Kaskus : Tuland22 (admin)
Yuk kunjungi Brebes :)
#Brebesnesia
Ikuti kami terus ya untuk mendapatkan informasi menarik mengenai Brebes..


Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Nafortism
AUTHOR
28 October 2015 at 16:08 delete

wah kmrn ane dikasih telur asin sm temen yg dari brebes

Reply
avatar
Ali Maghfur
AUTHOR
28 October 2015 at 18:15 delete

belum pernah ke brebes nih coba main kapan" hehe :D

Reply
avatar
28 October 2015 at 19:22 delete

brebes , bisa jdi referensi liburan nhi tpi pariwasatanya apa ya gan ??

Reply
avatar
28 October 2015 at 21:45 delete

ayooo sini gan main2 ke brebes :D

Reply
avatar
28 October 2015 at 21:46 delete

ada banyak gan,, silahkan kunjungi di bagian wisata :D

Reply
avatar
Gunardi omex
AUTHOR
3 March 2018 at 06:38 delete

Brebes memang terkenal dengan bawang nya ....

salam


Tangki Panel

Reply
avatar